Monday, February 12, 2007

Rujak Cingur


Minggu malam kemaren nggak ada ide mau makan malam apa. Yg jelas kita pingin makan sayur2an.. awalnya pingin sapo tahu, cuma bingung nyari dimana....

Akhirnya kepikiran makan rujak cingur – secara udah lama banget nggak makan makanan ini - di daerah Tebet, warung tenda gitu..and kayaknya masih baru. (Lokasi persisnya di depan kantor DPP PBR)

Pilihanku jatuh pada menu rujak cingur, dan istriku milih tahu telor. Karena doi nggak demen petis, jadi doi milih tahu telor, karena sepengetahuannya, tahu telor itu nggak pake petis. Tapi ternyata pilihannya salah! Tahu telor itu ternyata pake bumbu petis juga.. dan gw baru sadar, ini khan warung Jawa Timur, jadi wajarlah semuanya pake petis...he.he..

Tapi gw pribadi sih demen banget dengan masakannya.. Rujak cingurnya pas! In term or rasa, pedes, banyaknya sayuran… kayaknya boleh tuh kesana lagi kapan-kapan… Berhubung tahu telornya cuma tersentuh dikit, mau nggak mau gw merasa ‘bertanggungjawab’ untuk menghabisinya.. meskipun jadinya kenyang banget…daripada mubazir lah!

Gw makin puas lagi setelah bayar.. sangat-sangat murah man.. dua porsi cuma 12 ribu!!! Bener-bener serasa makan di Surabaya nih, he.he...


Salam,
Wahyu


Berikut gw posting link ttg rujak cingur dari Wikipedia.

Rujak cingur adalah salah satu makanan tradisional yang mudah ditemukan di daerah
Jawa Timur, terutama Surabaya. Rujak cingur biasanya terdiri dari irisan beberapa jenis buah-buahan seperti ketimun, bengkoang, mangga muda, nanas, kedondong dan ditambah lontong, tahu, tempe, bendoyo dan cingur serta sayuran-sayuran seperti kecambah/tauge, kangkung dan kacang panjang. Semua bahan tadi dicampur dengan saus atau bumbu yang terbuat dari olahan petis udang, cabai, kacang tanah yang digoreng, bawang goreng dan garam.
Makanan ini disebut rujak cingur karena bumbu olahan yang digunakan adalah petis udang dan irisan
cingur. Hal ini yang membedakan dengan makanan rujak pada umumnya yang biasanya tanpa menggunakan bahan cingur tersebut. Rujak cingur biasa disajikan dengan tambahan kerupuk, dan dengan alas pincuk (daun pisang) atau piring.

0 Comments:

Post a Comment

<< Home